Minggu, 14 November 2010

CAATT untuk ekstraksi dan analisis data

Bab ini akan diawali dengan kajian struktur data. Struktur data merupakan susunan data secara fisik dan logis dalam file dan basis data. Pemahaman mengenai cara mengatur dan mengakses data merupakan hal penting dalam menggunakan alat ekstraksi data. Peranti lunak ekstraksi data terdiri atas dua kategori umum: modul audit melekat dan peranti lunak audit umum. Bagian kedua dari bab ini mendeksripsikan fiture, keunggulan, dan kerugian dari pendekatan modul audit melekat (embedded audit module-EAM). Bagian terkahir membahas fungsi dan pengguanaan peranti lunak audit yang digeneralisasi (Generalized audit software- GAS). Bagian ini ditutup dengan kajian mengenai fiture-fiture utama dari bahasa perintah audit (audit command language-ACL), produk utama dalam pasar GAS

I. STRUKTUR DATA

Struktur data (data structure) memiliki dua komponen dasar organisasi dan metode akses. Organisasi (organization) mengacu pada cara record disusun secara fisik pada peralatan penyimpanan sekunder. Ini bias berurutan atau acak. Metode akses (access method) adalah teknik yang digunakan untuk menemukan lokasi record dan bernavigasi dibasis data atau file. Metode ini dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu metode akses langsung dan metode akses berurutan.

Struktur data dapat dibagi menjadi dua, yaitu system file datar dan system basis data.

· Struktur File Datar

Model file datar mendeskripsikan suatu lingkungan dimana file data individual tidak diintegrasikan dengan file lainnya, pengguna akhir dalam lingkungan ini memiliki file data mereka masing-masing dan tidak membaginya dengan pengguna lainnya. Oelh karena itu, pemrosesan data dilakukan oleh aplikasi tersendiri. File data disusun, diformat, dan diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan khusus dari pengguna utama. Struktur file datar dibagi menjadi 4, sebagai berikut.

Ø Struktur Berurutan

Metode akses berurutan tidak mengizinkan akses ke suatu record secara langsung. File yang memerlukan operasi akses langsung memerlukan struktur data yang berbeda.

Ø Struktur Berindeks

Struktur ini disebut struktur berindeks karena selain file data actual, terdapat indeks terpisah yang juga merupakan file alamat record. Indeks ini berisi nilai numeric dari lokasi penyimpanan disk fisik untuk setiap record dalam file data terkait. File data itu sendiri bisa diatur secara berurutan atau acak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar