Selasa, 09 November 2010

1.Strategi pemasaran website: kebenaran2 untuk menyeimbangkan mitos2
a.Website tanpa traffic sama saja artinya dengan website yang tdk memiliki tujuan atau maksud bisnis atau organisasi yang jelas.menyedihkan atau website yg sangat indah dan sangat bermanfaat, tetapi tidak ada seorangpun mengunjunginya.itu juga akan sia2
b.Website tidak akn mndatangkan traffic dngan sndrinya :jika mmbuat sbuah website, namun tidak melakukan langkah apapun dlm rangka mmpromosikan, itu juga prcuma saja.
c.Traffic membutuhkan pemasaran. Pemasaran sangat diperlukan untuk mendatangkan traffic pada sebuah website. Website yang sukses mndatangkan traffic adalah website yang dapat mengaplikasikan dari model pemasarn lama, termasuk advertising, public relation, dan kata2. Dan juga dengan menggunakan model pemasran internet, yang ditunjukan oleh strategi pencarian berdasarkan manajemen yang sangat hati2.
d.Masa keemasan internet sudah berakhir:waktu telah berubah bagi internet sehingga para investor tidak lagi menanamkan uangnya hanya untuk traffic saja. Saat ini perencanaan haruslah lengkap, mulai dari pemasaran sampai dengan pendapatan dan pengeluarannya, dengan orientasi bisnis.
2.Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam piramida strategi dasar untuk web plan:
a.Strategi : yang ditempatkan dibagian paling atas piramida, berkaitan dengan pemfokusan pada pasar spesifik, kebutuhan pasar, dan penawaran dalam atau dari website.
b.Taktik : pada level kedua, akan menetapkan pesan-pesan pemasaran dan bagaimana pesan-pesan tersebut dikirimkan.
c.Program : pada level paling dasar piramida, menyediakan implementasi spesifik.
3.Beberapa macam system pembayaran di internet
a.Kartu kredit
b.I-mobile
c.I-banking
d.atm
4.Dalam perencanaan web, strategi website meliputi:
a.Focus strategi
b.Visi dan misi
5.Jelaskan pengertian istilah2 berikut ini
a.Replay attack : Jika seseorang bisa merekam pesan-pesan handshake (persiapan komunikasi), ia mungkin dapat mengulang pesan-pesan yang telah direkamnya untuk menipu salah satu pihak.
b.Spoffing : Penyerang berusaha meyakinkan pihak-pihak lain bahwa tak ada salah dengan komunikasi yang dilakukan, padahal komunikasi itu dilakukan dengan sang penipu/penyerang. Contohnya jika orang memasukkan PIN ke dalam mesin ATM palsu – yang benar-benar dibuat seperti ATM asli – tentu sang penipu bisa mendapatkan PIN-nya dan copy pita magentik kartu ATM milik sang nasabah. Pihak bank tidak tahu bahwa telah terjadi kejahatan.
b.Known plaintext attack : dimana penyerang selain mendapatkan sandi, juga mendapatkan pesan asli. Terkadang disebut pula clear-text attack
c.Choosen plaintext attack : sama dengan known plaintext attack, namun penyerang bahkan dapat memilih penggalan mana dari pesan asli yang akan disandikan.
d.Without boundary : internet tidak mengenal tapal batas Negara atau benua.
e.24-hours online : Internet adalah suatu media informasi yang berlangsung sepanjang waktu.
6.Negara di eropa yang memimpin eropa dalam mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi, termasuk akses ke internet adalah
7.Sebutkan dasar-dasar kerangka e – commerce
a.Sector swasta harus memimpin
b.Pemerintah harus menghindari pelarangan yang tidak semestinya pada e-commerce
c.Pemerintah harus mengenali kualitas2 untuk diinternet
d.E-commerce yg ada pd internet hrus dipermudah dlm basis global
8.Yang merupakan pajak penghambat terhadap akses ke internet adalah system pajak dibuat rumit dan banyak aturan
9.Jelaskan pengertian istilah berikut ini:
a.kriptografi : ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang dikirim pengirim dapat disampaikan kepada penerima dengan aman.
b.Jaringan network :
c.Layanan e trust
d.Elektronik mail
e.Context : model bisnis yg memberikan layanan berupa informasi dan hiburan, seperti Kompas Cybermedia, Detik.com, Astaga.com, Lippostar.com.
f.Content : model bisnis yg memberikan layanan dengan basis isi berupa teks atau gambar sebagai inti bisnisnya. Seperti marketbiz.net, bizweb2000.com.
g.Community : yaitu model bisnis yg membangun komunitas digital dengn media message board, web chat, maupun penyedia web mail
h.Communication : yaitu layanan komunikasi berbasis internet dengan menggunakan media interaktif seperti media web chat maupun voice chat, web phone.
i.Non repudiation : catatan mengenai transaksi yang telah dilakukan dapat dijadikan barang bukti di suatu saat jika ada perselisihan.
j.Confidentiality : Data transaksi harus dapat disampaikan secara rahasia, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan.
k.Integrity : Data setiap transaksi tidak boleh berubah saat disampaikan melalui suatu saluran komunikasi
10.Klasifikasi system perdagangan :
a.Berdasarkan kesiapan pembayaran :
•Sistem debit, dimana konsumen harus terlebih dahulu memiliki cadangan dana di suatu tempat, biasanya berupa rekening di suatu bank.
•Sistem kredit, dimana seorang pembeli dapat berhutang dahulu kepada sebuah pihak saat pembelian. Konsumen akan ditagih melalui mekanisme tertentu. Biasanya ada pihak ketiga yang menjadi perantara antara pedagang dengan konsumen. Pedagang akan melakukan proses capture, yakni proses meminta pembayaran dari pihak ketiga yang menjadi perantara tersebut.
•Sistem pre-paid, sesuai dengan namanya, konsumen harus ‘membeli’ dan ‘memiliki’ uang tersebut sebelum membeli sesuatu. Uang logam dan kertas yang diedarkan pemerintah, emas, traveler’s cheque, kupon dan digital cash (seperti CyberCoin, Ecash/CAFE dan Mondex) adalah contoh pembayaran dengan sistem pre-paid. Pembelian uang elektronik pre-paid dapat dilakukan dengan uang kontan, mendebit dari account bank, atau bahkan dengan kartu kredit.
b.Berdasarkan keterlacakan transaksi :
•Transaksi teridentifikasi terlacak. Keterlacakan transaksi penting dalam transaksi dengan nilai uang yang besar, karena jika terjadi penipuan, maka transaksi tersebut harus bisa dilacak dengan mudah. Jadi, transaksi tersebut meninggalkan jejak. (misal kartu kredit).
•Transaksi anonim. Dalam transaksi jenis in, pedagang tidak mengetahui identitas konsumen. Transaksi anonim biasanya hanya digunakan untuk pembayaran dengan jumlah uang yang kecil. (seperti karcis transportasi kota).
c.Berdasarkan status hukum pihak-pihak yg bertransaksi
•Pada sistem pedagang-konsumen, secara hukum jelas terlihat siapa yang menjadi pedagang dan siapa yang menjadi konsumen. Pedagang harus terdaftar pada aquirer kartu kredit ( bank ), sedangkan konsumen harus terdaftar pada issuer kartu kredit ( lembaga keuangan atau bank yang menerbitkan kartu kredit untuk konsumen).
•Pada sistem peer-to-peer, transaksi tidak perlu dilakukan dengan pedagang yang ‘resmi’ menerima jenis alat pembayaran tertentu, namun bisa dilakukan dengan siapa saja yang mau menerima alat pembayaran tersebut, bahkan antar konsumen.
d.Berdasarkan bagaimana kepercayaan diberikan
•Sistem yang memerlukan kepercayaan tinggi kepada pihak lain yang terlibat transaksi. Misal penggunaan kartu debit/ATM.
•Sistem transaksi yang tidak memerlukan kepercayaan tinggi kepada pihak lain yang terlibat transaksi. (konsumen, pedagang dan bank).
11.Resiko perdagangan melalui internet sebagai objek asuransi adalah
12.Pokok2 permasalahan e-commerce:
•Masalah finansial
-Bea cukai dan perpajakan
-System pembayaran scr elektronis
•Masalah hukum
-Uniform commercial code (ucc)adalh dokumen hukum dagang
-Perlindungan intellectual property
-Privacy
-Keamanan
•Masalah akses pasar
-Sarana telekomunikasi dan teknologi informasi
-Isi
-Standar teknik
13.Syarat tambahan untuk system perdagangan di internet
14.Keistimewaan dan keunggulan internet
a.Efficiency:
Internet sesungguhnya jauh lebih efisien dan ekonomis dibandingkan dengan media-media lainnya.
b.Without Boundary:
Internet tidak mengenal tapal batas negara atau benua. Jaringan komputer yang telah terpasang sekarang ini dapat diibaratkan seperti jaring laba-laba yang telah menyebar luas hampir menyelimuti seluruh bagian dunia ini. Walaupun beberapa isi didalamnya mencerminkan serta mempertahankan cirri-ciri yang bersifat khas, tetapi internet seakan-akan telah berhasil menciptakan suatu alam yang baru, suatu kehidupan yang baru, suatu masyarakat baru yang bersifat mendunia (global society).
c.24-Hours Online:
Internet adalah suatu media informasi yang berlangsung sepanjang waktu.
d.Interactive:
Keinteraktifan media internet akan lebih canggih lagi manakala bahasa javaScript (dikembangkan oleh raksasa network Sun Microsystems) meluas pemakaiannya.
e.Hyperlink:
Informasi dalam internet umumnya tersedia dalam bentuk hyperlink, berarti bahwa pengunjung dapat meloncat dari satu informasi ke informasi lainnya hanya dengan satu kali klik tombol mouse.
f.No License Required:
Untuk menayangkan informasi dalam internet tidak perlu ada surat izin (SIUPP) terlebih dahulu. Walau begitu, informasi tetap harus disajikan dengan batasan-batasan agar tidak melanggar UU yang berlaku. Kalau ada pihak yang merasa dirugikan dengan adanya informasi tersebut, mereka dapat melancarkan gugatan melalui proses peradilan yang sah yang berlaku dalam suatu negara hukum.
g.No Cencorship:
Dapat dikatakan bahwa hingga kini belum ada satu badan pun di dunia ini yang berwenang resmi untuk menyensor (apalagi membredel) informasi dalan Internet. Kebebasan untuk berbicara, berungkap, dan berkabar telah mengakar kuat dalam masyarakat Internet
15.Sejarah berkembangnya teknologi internet melibatkan 4 aspek
a.Teknologi
b.Operasional dan manajemen
c.Social
d.Komersialisasi
16.Digital sertificate berisi informasi mengenai pengguna antara lain
17.Prinsip2 asuransi perdagangan melalui internet
18.Sifat yang diinginkan dari tanda tangan digital antara lain :
•Tanda tangan itu asli (otentik), tidak mudah ditulis/ditiru oleh orang lain. Pesan dan tanda tangan pesan tersebut juga dapat menjadi barang bukti, sehingga penandatangan tak bisa menyangkal bahwa dulu ia tidak pernah menandatanganinya.
•Tanda tangan itu hanya sah untuk dokumen (pesan) itu saja. Tanda tangan itu tidak bisa dipindahkan dari suatu dokumen ke dokumen lainnya. Ini juga berarti bahwa jika dokumen itu diubah, maka tanda tangan digital dari pesan tersebut tidak lagi sah.
•Tanda tangan itu dapat diperiksa dengan mudah.
•Tanda tangan itu dapat diperiksa oleh pihak-pihak yang belum pernah bertemu dengan penandatangan.
•Tanda tangan itu juga sah untuk kopi dari dokumen yang sama persis.
19.Untuk menciptakan lingkungan yg dpt dipercaya pd e-commerce maka perjanian paten harus
20.Keuntungan beriklan di internet melalui e mail adalah biaya rendah dan dapat mencapai target audience dlm jumlah besar
21.Nilai2 yg dpt mndorong kearah batasan kompetitif website
22.Saran bagi pengiklan offline yg baru saja memulai untuk lebih serius mempertimbangkan web dlm marketing mix mereka
23.Tujuan2copyright buatan pemerintah
24.Negara pertama yg memiliki jarungan broadband adalah
25.Macam2 penyerangan trhadap pesan yg sudah dienkripsi
a.Ciphertext only attack, penyerang hanya mendapatkan pesan yang sudah tersandikan saja.
b.Known plaintext attack, dimana penyerang selain mendapatkan sandi, juga mendapatkan pesan asli. Terkadang disebut pula clear-text attack.
c.Choosen plaintext attack, sama dengan known plaintext attack, namun penyerang bahkan dapat memilih penggalan mana dari pesan asli yang akan disandikan.
26.Berdasarkan bagaimana cara dan posisi seseorang mendapat pesan2 dalm saluran komunikasipenyerangan dpt dikategorikan:
a.Sniffing: secara harafiah berarti mengendus, tentunya dalam hal ini yang diendus adalah pesan (baik yang belum ataupun sudah dienkripsi) dalam suatu saluran komunikasi.
b.Replay attack [DHMM 96]: Jika seseorang bisa merekam pesan-pesan handshake (persiapan komunikasi), ia mungkin dapat mengulang pesan-pesan yang telah direkamnya untuk menipu salah satu pihak.
c.Spoofing [DHMM 96]: Penyerang berusaha meyakinkan pihak-pihak lain bahwa tak ada salah dengan komunikasi yang dilakukan, padahal komunikasi itu dilakukan dengan sang penipu/penyerang. Contohnya jika orang memasukkan PIN ke dalam mesin ATM palsu – yang benar-benar dibuat seperti ATM asli – tentu sang penipu bisa mendapatkan PIN-nya dan copy pita magentik kartu ATM milik sang nasabah. Pihak bank tidak tahu bahwa telah terjadi kejahatan.
d.Man-in-the-middle [Schn 96]: Jika spoofing terkadang hanya menipu satu pihak, dan bisa membuat berita fitnah.
27.Hal2 yg berkaitan dgn secondary market research : riset yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang sudah tersedia bagi perusahaan dan sudah dipublikasikan
28.Strategi dlm beriklan di internet
29.Jelaskan pngertian istilah berikut
a.Banner : strategi pemasaran yang berbentuk image,ukuran file besarnya antara 7kb sampai 10kb dan bermanfaat untuk mengidentifikasikan diri perusahaan pada target audience
b.Splash screen : initial web site page yang dipakai untuk menarik perhatian user beberapa saat untuk berpromosi atau menggiring mereka ke site homepage atau memberitau user jenis browser dan software lain yg mereka perlukan untuk menampilkan site
c.Spot leasing : tempat dihomepage untuk disewakan pada setiap bisnis dan ukurannya sangat kecil. namun penempatan iklan dispot akan selalu ada.
d.Chat room : tempat pertemuan virtual dimana regular group atau indibidu saling bertemu.atau membanngun komunitas untuk mempromosikan berbagai isu yg terkait dgn suatu kelompok
e.Passive pull strategi : konsumen akan mencari sebuah site jika site trsebut menyediakan content yg berguna
f.Email : surat elektronik
g.Ad as commodity : sebuah iklan akan dijual sbg produk, seperti yg dilakukan oleh cybergold
h.aCtive push strategi: pengelola site perlu lebih aktif dlm mengiklankan sitenya pd konsumen
30.Hal2 yg berkaitan dgn primary market research : riset yang dilakukan sendiri, bukan dari informasi yang didapat dari data yang telah dipublikasikan.hal ini dpt diperoleh melalui tipe pengumpulan informasi sbb
-Focus groups
-Survey konsumen
-Persaingan perusahaan

2 komentar: