Minggu, 14 November 2010

beberapa jenis program perusak

a. Virus

Adalah sebuah program (biasanya merusak) yang melekatkan dirinya ke sebuah program yang sah untuk memasuki system operasi. Virus menghancurkan berbagai program aplikasi, file data, dan system operasi dalam berbagai cara.

b. Worm

Adalah program peranti lunak yang menyembunyikan diri kedalam memori computer dan mereplikasi dirinya ke berbagai area memori yang tidak digunakan.

c. Bom logika (Logic bomb)

Adalah program perusak, seperti virus, yang dipicu oleh beberapa peristiwa yang telah ditentukan sebelumnya. Seringkali berupa tanggal akan menjadi logika pemicu bom.

d. Pintu belakang (Back door)

Disebut juga sebagai pintu jebakan atau trap door adalah program peranti lunak yang memungkinkan akses secara tidak sah ke system tanpa melalui prosedur logon yang normal. Tujuan dari pintu belakang dapat saja untuk menyediakan akses yang mudah dalam melakukan pemeliharaan program atau dapat untuk melakukan penipuan atau menyelibkan sebuah virus ke dalam system.

e. Kuda troya (Trojan horse)

Adalah program yang tujuannya menangkap ID dan kata sandi dari pengguna yang tidak menaruh curiga. Program tersebut didesign untuk menyerupai prosedur logon yang normal dalam system operasi terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar