Kamis, 18 November 2010

Beberapa jenis pendekatan dalam audit

Apabila auditor menggunakan teknik audit berbatuan komputer, maka auditor dapat memilih pendekatan yang digunakannya, apakah untuk menguji pengendalian aplikasi atau melakukan pengujian subtantif. Pendekatan berikut adalah untuk pengujian pengendalian aplikasi :

a) Test Data

Metode ini menggunakan data masukan yang telah dipersiapkan auditor dan menguji data tersebut dengan salinan (copy) dari perangkat lunak aplikasi auditan.

b) Integrated Test Facility (ITF)

Adalah suatu pendekatan teknik terotomasi yang memungkinkan auditor menguji alur logika dan kendali suatu aplikasi pada saat operasi normal berlangsung.

c) Paralllel Simulation (PS)

Pendekatan ini mengharuskan auditor untuk membuat suatu program yang menyimulasikan fungsi utama tertentu dari aplikasi yang sedang di uji.

Sedangkan untuk melakukan pengujian subtantif (misalnya setail transaksi atau saldo perkiraan), auditor dpat memilih teknis:

a) Embedded Audit Module (EAM)

Merupakan suatu teknik dimana satu atau lebih modul program terte ntu dilekatkan di suatu aplikasi untuk mencatat secara tersendidi serangkaian transaksi yang telah ditentukan ke dalam file yang akan dibaca oleh auditor.

b) Generalized Audit Software (GAS)

Adalah pendekatan yang menggunakan suatu perangkat lunak tertentu yang dimanfaatkan untuk menyeleksi, mengakses, mengorganisasikan data untuk kepentingan pengujian subtantif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar